Seminar Penyusunan Peraturan Desa Wisata Kalurahan Triharjo

Administrator 04 Oktober 2021 08:26:06 WIB

Kalurahan Triharjo_Bertempat di Aula Balai Kalurahan Triharjo telah dilaksanakan seminar penyusunan peraturan desa wisata Kalurahan Triharjo pada hari Jumat (16/10) dihadiri oleh pihak dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Jawatan Kemakmuran Kapanewon Pandak, Lurah, Carik, Ketua Bamuskal Triharjo, Yayasan Trukajaya Salatiga, dan para calon pengurus Pokdarwis Kalurahan Triharjo. Seminar tersebut bertujuan untuk membentuk pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Kalurahan Triharjo.

Pokdarwis merupakan lembaga yang didirikan warga yang anggotanya terdiri dari masyarakat setempat yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah kalurahan. Kepariwisataan ini diharapkan dapat meningkatkan pembangunan daerah dan memberikan manfaat bagi warga. Kepariwisataan itu sendiri terdiri dari tiga aspek, yaitu produk, pengolahan, dan pelayanan.

Adapun tujuan Pokdarwis yaitu sebagai penggerak sadar wisata dan sebagai mitra pemerintah dalam upaya perwujudan dan pengembangan sadar wisata.

Syarat keanggotaan Pokdarwis antara lain : bersifat sukarela, masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar lokasi daya tarik wisata dan memiliki kepdeulian terhadap pariwisata, dan mempunyai pekerjaan yang berkaitan dengan penyediaan barang atau jasa bagi kebutuhan masyarakat. Jumlah anggota setiap Pokdarwis minimal 15 orang.

Kegiatan Pokdarwis Kalurahan dilakukan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam pengembangan desa wisata, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam menjual kerajinan, memberikan informasi wisata desa, dan memberikan masukan kepada pemerintah dalam hal pengembangan wisata.

 

adm_red_sid

Komentar atas Seminar Penyusunan Peraturan Desa Wisata Kalurahan Triharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

Pemilihan Lurah Desa Tanggal 14 Oktober 2018

Kalender

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License