Wabup Hadiri Merti Dusun Jaten

Administrator 03 Juni 2024 08:53:04 WIB

Jaten, Triharjo_Merti Dusun sering disebut juga dengan bersih desa, merupakan sebuah tradisi budaya lokal di Indonesia yang dilakukan oleh warga dusun atau desa tertentu. Pada hakikatnya sama dengan makna simbol rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta atas apa yang telah diberikan. Karunia tersebut dapat berupa rejeki yang melimpah, keselamatan, ketentraman, serta keselarasan hidup di dunia.

Kegiatan tersebut masih ditemukan di pedesaan maupun pedususunan atau padukuhan, terutama masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa ketika sedang dilanda duka dan musibah mendalam pun masih banyak hal yang harus dan pantas disyukuri. Merti Dusun merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta seperti dalam tradisi Merti Dusun yang dilakukan oleh masyarakat Padukuhan Jaten, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Bantul pada hari Minggu (02/06).

Malam puncak kegiatan tersebut adalah pertunjukan pentas wayang kulit dengan Dalang Ki Sutikno dari  Gluntung, Caturharjo, Pandak. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di rumah Bapak Supri Jumiyo, Padukuhan Jaten RT 01 Triharjo, dimulai pukul 19.30. Hadir dalam acara tersebut: Bapak Joko Purnomo (Wakil Bupati Bantul), Bapak Sugeng Sudaryanta (Anggota DPRD Bantul), Bapak Suwardi, S. Pd (Lurah Triharjo), Bapak Supardal (Anggota Bamuskal) Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Dukuh Sepuh Padukuhan Jaten, Bapak Ari Hernawan (Dukuh Jaten), Kaum Rois Jaten, tamu undangan, serta warga Padukuhan Jaten dan sekitarnya.

Komentar atas Wabup Hadiri Merti Dusun Jaten

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

Pemilihan Lurah Desa Tanggal 14 Oktober 2018

Kalender

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License