Inovasi GAMPIL: Pelaku UMKM Triharjo Mengikuti Pendampingan Pembuatan NIB

Administrator 05 Juni 2024 14:44:44 WIB

Gunturan, Triharjo_Selasa (04/06) telah dilaksanakan pendampingan pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) di Limasan De Lurah (Kaisat, Gunturan, Triharjo) yang diselenggarakan oleh DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kabupaten Bantul dalam rangka pelaksanaan program Inovasi GAMPIL (Gesit, Aktif, Merakyatnya Dispendukcapil) melalui Dana Keistimewaan Tahun 2024.

Kegiatan yang diikuti oleh 35 peserta yang merupakan pelaku UMKM di Kalurahan Triharjo tersebut, dibuka oleh Kepala Dinas PMPTSP, Dra. Annihayah, M.Eng. Beliau menyampaikan peran NIB itu sangat penting bagi perekonomian peaku UMKM karena bisa menghambat pengembahangan usaha jika tidak memiliki NIB. Oleh karena itu, untuk membantu para pelaku UMKM, DPMPTSP menyelenggarakan sosialisasi dan pendampingan dalam proses pembuatan NIB sebagai upaya untuk mendukung pengembangan UMKM di Kalurahan Triharjo.

Bapak Suwardi, S. Pd (Lurah Triharjo) serta Bapak Nanang Dwi Atmoko, S.Sos. (Panewu Pandak) yang hadir dalam acara tersebut juga sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilakukan dalam pendampingan proses pembuatan NIB.

Dari hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa pendampingan dalam proses pembuatan NIB diharapkan dapat memberi dampak positif yang sifnifikan pemngembangan UMKM di Kalurahan Triharjo. Pendampingan ini meliputi bantuan pengumpulan sokumen, pengisian form, komunikasi dengan instansi terkait, dan pemahaman mengenai prosedur yang dilakukan.

Lurah Triharjo juga berharap dengan adanya pendampingan pembuatan NIB, dapat memiliki peran krusial dan dapat mengatasi hambatan administratif yang sering kali menjadi penghalang dalam mengakses sumber daya dan peluang yang lebih luas.

Link Facebook:

https://www.facebook.com/100033971210821/videos/1185132099581666/

Komentar atas Inovasi GAMPIL: Pelaku UMKM Triharjo Mengikuti Pendampingan Pembuatan NIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License