Sosialisasi TBC oleh Puskesmas Pandak II untuk Masyarakat Triharjo

Administrator 20 Juni 2024 14:50:48 WIB

Kalurahan Triharjo_Kamis (20/06) Puskemas Pandak II menyelenggarakan Sosialisasi Tuberculosis (TBC) untuk warga masyarakat Kalurahan Triharjo. Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 dibuka oleh Bapak Suwardi, S. Pd selaku Lurah Triharjo, bertempat di aula Kalurahan Triharjo dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang mayoritas dari kalangan remaja. 

Adanya sosialisasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dalam hal pencegahan dan menambah pengetahuan tentang penyakit menular yang disebabkan oleh kuman atau bakteri yang disebut Mycobacterium Tuberculosis (Mtb).

Ibu Sri Wuryani, S. Kep. dari Puskesmas Pandak II sebagai narasumber menjelaskan tentang pengertian TBC, gejala yang timbul pada anak dan dewasa, cara penularan dan pengobatan. Beliau juga menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh pada tahun ini, situasi TBC di Indonesia memiliki estimasi jumlah kasus TBC sebanyak 969.000 kasus.

TBC dapat dicegah dengan memutus rantai penularan yaitu dengan mengobati penderita TBC sampai benar-benar sembuh serta denga nmelaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat. TBC dapat disembuhkan dengan minum semua obat yang diberikan secara teratur, sampai dinyatakan sembuh dengan proses pengobatan selama 6 bulan dan dapat dinyatakan sembuh.

Komentar atas Sosialisasi TBC oleh Puskesmas Pandak II untuk Masyarakat Triharjo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License