Gerdal Biopestisida Poktan Tirto

Administrator 03 Juli 2024 07:55:13 WIB

Tirto, Triharjo_Biopestisida atau pestisida organik digunakan untuk menjaga kesehatan tanaman, mengendalikan serangan hama dan penyakit. Kelompok Tani Padukuhan Tirto bersama dengan Ulu-ulu Kalurahan Triharjo dan BPP Kapanewon Pandak mengaplikasikan biopestisida bersama para petani di Bulak Tirto, Triharjo, Pandak Bantul pada kegiatan rutin Gerakan Pengendalian Hama (Gerdal) pada hari Selasa (02/07).

Menurut Bapak Sumardi, BA selaku Ulu-ulu Kalurahan Triharjo, kegiatan tersebut beranjak pada konsep ramah lingkungan untuk keamanan pangan maka perlu dilakukan penggunaan pupuk organik, pengendalian hama dan penyakit yang aman baik untuk lingkungan maupun untuk keluarga. Dalam hal ini penggunaan pupuk anorganik atau pupuk kimia saat ini sudah mulai dikurangi, bahkan beberapa petani sudah tidak menggunakannya sama sekali.

Penggunaan bahan kimia tersebut dalan jangka panjang akan berdampak negatif pada kehidupan serta keberadaan musuh alami hama dan penyakit. Selain itu, penggunaan pestisida kimia juga berdampak pada kehidupan biota tanah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya ledakan hama dan penyakit serta degradasi biota. Salah satu upaya untuk mengembalikan kesuburan tanah adalah dengan biopestisida, tambah Bapak Agus Sujatmiko dari Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kapanewon Pandak.

Komentar atas Gerdal Biopestisida Poktan Tirto

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License