Poktan Lestari Mulyo Ciren Gelar Tradisi Wiwitan

Administrator 15 Agustus 2024 08:36:59 WIB

Ciren, Triharjo_Wiwitan merupakan salah satu ritual yang dilakukan masyarakat Jawa sebelum masa panen padi dilakukan. Tradisi wiwitan ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Namun dalam perkembangannya, tradisi ini mulai ditinggalkan karena perubahan zaman dan arus informasi yang bergerak cepat.

Sebagai salah satu upaya dalam melestarikan budaya, Kelompok Tani Lestari Mulyo Padukuhan Ciren, Kalurahan Triharjo, Pandak, Bantul melakukan upacara wiwitan pada hari Selasa (13/08) sebelum melakukan panen padi varietas Inpari 32. Kegiatan wiwitan tersebut dilakukan di Bulak Ciren dan dihadiri oleh pihak dari Kapanewon Pandak (Panewu Pandak diwakili oleh Jawatan Keamanan), BPP Kapanewon Pandak, Lurah beserta jajaran pamong dan staf, Kelompok Wanita Tani (KWT), Kelompok Tani (Poktan) Lestari Mulyo Ciren, serta warga masyarakat yang memiliki sawah di area pelaksanaan tradisi wiwitan.

Bapak Suwardi, S. Pd selaku Lurah Triharjo menyampaikan bahwa tradisi wiwitan ini sebagai bentuk rasa syukur karena setelah melewati proses budidaya padi, kita bisa sampai pada waktu panen tanpa kendala yang berarti seperti serangan hama atau faktor lain yang bisa mengganggu hasil panen petani. Setelah sambutan, kegiatan wiwitan dilanjutkan doa bersama dan ditutup dengan melihat proses panen padi secara simbolis.

Komentar atas Poktan Lestari Mulyo Ciren Gelar Tradisi Wiwitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

Pemilihan Lurah Desa Tanggal 14 Oktober 2018

Kalender

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License