Syukuri Hasil Panen, Poktan Jaten Gelar Upacara Adat Wiwitan

Administrator 26 Agustus 2024 09:12:07 WIB

Jaten, Triharjo_Minggu (25/08) Kelompok Tani (Poktan) Padukuhan Jaten melaksanakan upacara adat wiwitan di Bulak Jaten, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul yang dimulai pukul 15.00.

Upacara adat wiwitan ini merupakan tradisi yang memiliki makna dalam sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Upacara adat ini sudah diwariskan dari generasi ke generasi, di mana para petani akan berkumpul merayakan datangnya musim panen. Para petani membawa sajian makanan yang melambangkan hasil pertanian.

Tradisi "Mangan Opo Kang Ditandur, Tandur Opo Kang Dipangan" menjadi inti dari kegiatan ini, maknanya menghargai hasil bumi dan eratnya keterkaitan antara alam dan kehidupan manusia, seperti yang disampaikan Bapak Sumardi, BA selaku Ulu-ulu Kalurahan Triharjo. Hadir dalam kegiatan tersebut Carik Triharjo, Ulu-ulu, Dukuh Jaten, Poktan Jaten, BPP Kapanewon Pandak, Babhinkamtibmas, Babinsa, serta tamu undangan.

Bapak Sofuwan Adil Kurniawan, S.E selaku Carik Triharjo menyampaikan bahwa melalui upacara adat Wiwitan ini, masyarakat Kalurahan Triharjo tidak hanya merayakan panen, tetapi juga memperkuat ikatan sosial antar warga. Upacara ini menjadi momen penting, bukan hanya sebagai ritual akan tetapi juga sebagai pengingat bagi generasi mendatang untuk terus melestarikan tradisi. 

Komentar atas Syukuri Hasil Panen, Poktan Jaten Gelar Upacara Adat Wiwitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

Pemilihan Lurah Desa Tanggal 14 Oktober 2018

Kalender

Mbangun Desa

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License