Sarasehan dan Doa: Prolog Hari Jadi Kalurahan Triharjo ke-78

Administrator 24 Oktober 2024 11:37:11 WIB

Kalurahan Triharjo_Oktober merupakan bulan bersejarah untuk Kalurahan Triharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, karena menjadi bulan hari jadi Triharjo.Untuk tahun 2024, Kalurahan Triharjo memperingati hari jadi yang ke-78 (SDM Kuat, UMKM Hebat, Transformasi Pesat) dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian acara. Salah satunya, pada hari Kamis (17/10) sebagai pembuka serangkaian acara telah dilaksanakan sarasehan dan doa bersama di Gedung Olahraga (GOR) Kalurahan Triharjo. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk DPRD Kab. Bantul, Panewu, Lurah, Pamong, LKK seperti PKK, LPMK, Karang Taruna, Ketua RT, beserta tamu undangan dari instansi atau tokoh masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan perjalanan panjang Kalurahan Triharjo serta mempererat tali silaturahmi antarwarga.


Acara dimulai dengan pembacaan sejarah Kalurahan Triharjo, mengingatkan para hadirin tentang cikal bakal dan perkembangan desa dari masa ke masa. Melalui pembacaan sejarah ini, generasi muda juga diajak untuk memahami dan menghargai perjuangan para pendahulu yang telah membangun Kalurahan Triharjo hingga menjadi seperti saat ini. Kegiatan ini pun menjadi sarana untuk merawat tradisi dan warisan budaya lokal yang kaya akan nilai sejarah.

Terlihat para pramusaji dari pemuda Paguyuban Laden Dodhok Padukuhan Jalakan sebagai warisan tradisi adat budaya Jawa dalam menyajikan makanan dan minuman sebagai bentuk penghormatan kepada tamu. Setelah pembacaan sejarah, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh kaum rois desa. Doa bersama ini menjadi wujud rasa syukur atas segala pencapaian dan kemajuan yang telah diraih oleh Kalurahan Triharjo selama 78 tahun.

Selain itu, doa juga dipanjatkan untuk memohon keberkahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Triharjo di masa mendatang. Acara ditutup dengan Kembul Bujono, yaitu makan bersama sebagai simbol kebersamaan dan rasa syukur. Dengan suasana kekeluargaan yang kental, warga dari berbagai latar belakang berkumpul dan saling berinteraksi dalam suasana syukur dan kebahagiaan. Diharapkan dengan peringatan ini, Kalurahan Triharjo dapat terus berkembang dan sejahtera dalam tahun-tahun mendatang.

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 
Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License